Cara Merintis Membuat Franchise Cendol

Wisata kuliner atau kultur berkuliner saat ini telah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat modern. Tak heran bila makanan ringan, minuman, atau beragam jajanan lainnya juga menjadi bagian dari trend di masyarakat. Melihat minat masyarakat ini tak mengherankan bila di pasaran menjamur pula berbagai makanan atau minuman asing selain kuliner asli Indonesia. Hal ini sesungguhnya patut disayangkan mengingat kuliner asli tanah air juga mempunyai citarasa yang lezat seperti misalnya minuman cendol. Bila Anda merasa mampu menaikkan kelas minuman rakyat ini sebagai salah satu minuman trendy, inilah beberapa cara untuk membuat franchise cendol yang mungkin dapat menjadi inspirasi bisnis Anda.

Cara membuat franchise cendol

membuat franchise cendolSesungguhnya Anda tak perlu berupaya terlalu keras untuk membuat minuman cendol mendapat tempat di hati penikmat kuliner karena citarasa asli es cendol oleh stasiun berita CNN digelari sebagai salah satu dari 50 minuman yang paling lezat di dunia. Tetapi tentu saja untuk menghadapi kompetisi yang ketat pada bisnis kuliner di Indonesia Anda tentu harus berkreasi untuk memberikan sentuhan modern.

Jadi daripada menjadi pembeli lisensi waralaba, mengapa bukan Anda saja yang menjadi master franchaise-nya. Inilah beberapa caranya untuk Anda.

  1. Konsep bisnis

Persiapkan suatu konsep bisnis dengan sangat matang dan berpikirlah bahwa sistem ini tak hanya harus berhasil untuk bisnis Anda tetapi juga untuk orang lain. Konsep tersebut berperan sebagai roda dalam sistem operasional atau bisnis kuliner minuman cendol Anda. Buatlah sistem sesederhana mungkin, mudah dipahami, dan mudah dilakukan. Semakin simple konsep yang Anda kembangkan maka sukses akan segera menyapa Anda.

  1. Tim bisnis

Selain konsep, dalam merintis membuat franchise cendol persiapkan pula tim bisnis yang solid mulai dari pegawai serta tim manajemen yang akan menangani sistem, etika, hingga masalah hukum yang berkaitan dengan bisnis waralaba.

  1. Produk

Sebagaimana yang telah disinggung sekilas tadi, Anda harus mampu merilis produk yang mempunyai keunikan dan lain daripada yang lain. Tanpa bentuk yang spesifik dan berbeda, produk Anda akan sulit mendapat perhatian dari masyarakat. Misalnya menambahkan aneka toping pada produk minuman cendol Anda, atau menciptakan varian cendol yang berbeda dengan yang lain.

  1. Standarisasi

Untuk membuat franchise cendol pastikan bahwa produk buatan Anda dapat distandarisasi, bahan baku mudah diperoleh, sistem bisnisnya mudah dikerjakan oleh calon pembeli lisensi bisnis Anda, dan bisnis gampang dilakukan.

  1. Hak cipta

Untuk mengantisipasi berbagai tindakan manipulasi dari oknum tak bertanggungjawab, jangan lalai untuk mendaftarkan hak cipta dan merk usaha Anda untuk melindungi bisnis Anda.

Setelah membuat franchise cendol dan mendaftarkan waralaba usaha Anda pada Departemen Perdagangan sekarang Anda tinggal memasarkan franchise Anda. Banyak cara yang bisa Anda pilih sebagai sarana promosi, seperti memasang iklan atau menggunakan media sosial.