Memulai Usaha Franchise Cendol

Bila membahas bisnis yang berkaitan dengan usaha kuliner memang tak akan pernah ada habisnya baik itu berkaitan dengan makanan, snack, atau minuman. Potensi minuman asli Indonesia juga cukup prospektif sebagai salah satu ide membuka bisnis seperti misalnya minuman cincau, bajigur, atau cendol dan franchise cendol-nya. Untuk minuman tradisional yang terakhir ini sesungguhnya kita patut berbangga karena cendol pernah mendapat gelar bergengsi sebagai minuman paling nikmat di seluruh dunia oleh media mancanegara.

Memulai bisnis franchise cendol

franchise cendolBagi Anda yang belum pernah mencicipi minuman segar yang satu ini, di daerah Jawa Tengah dan Timur, cendol sering juga disebut sebagai dawet ayu. Untuk cendolnya sendiri bisa dibuat dari tepung beras, sagu, atau ketan dan setelah dicetak kemudian diolah dengan daun pandan dan tambahan daun suji yang memberi warna hijau. Untuk airnya terbuat dari santan dan gula merah cair. Sementara untuk menambah citarasa, beberapa  penjual menambahkan potongan kecil buah nangka. Dengan sedikit es batu minuman tradisional ini tentu akan menjadi pelepas dahaga yang nikmat di saat matahari terik atau untuk berbuka puasa.

Dari bahan-bahan yang disebutkan di atas, Anda tentu bisa memprediksi bahwa untuk memulai usaha ini tak dibutuhkan modal yang terlalu besar. Yang paling penting adalah mempertahankan kualitas minuman tersebut dengan hanya menggunakan bahan-bahan terbaik seperti mempertahankan kekentalan santan dengan tak mencampurkan terlalu banyak air termasuk menjaga kesegarannya mengingat santan adalah bahan makanan yang mudah basi. Selain itu Anda juga harus mempelajari cara membuat “sirup” cendol dari gula aren agar tak beraroma gosong sehingga mempengaruhi citarasa. Terakhir, cendol harus mempunyai tekstur yang lunak, legit, dan halus, serta tidak menggumpal.

Bila Anda merasa segala upaya tersebut terlalu merepotkan, usaha franchise cendol bisa menjadi pilihan. Toh sekarang sudah banyak sekali pengusaha waralaba yang menjual lisensinya bagi pengusaha pemula yang masih gamang jika harus membuka bisnisnya sendiri. Minuman tradisional ini memang sudah naik kelas dengan berbagai modifikasi resep sehingga menjadi minuman yang semakin banyak disukai masyarakat berbagai kalangan.

Dengan demikian peluang untuk sukses akan menjadi semakin besar bila produk cendol yang Anda jual mempunyai merk yang telah cukup akrab di masyarakat. Inilah keuntungan memulai franchise cendol karena Anda tak hanya membeli merk tetapi Anda juga berpotensi memboyong pelanggan untuk membeli produk di kedai Anda. Berdasarkan survey, konsumen ternyata lebih memilih membeli produk yang telah mereka kenal daripada harus mencoba produk baru yang belum tentu berkualitas sama.

Jadi, tak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis franchise cendol ini, bukan? Ikuti sistem bisnisnya sesuai dengan petunjuk dari pemilik untuk memperoleh kesuksesan sebagaimana yang didapatkan master franchise Anda. Semoga bermanfaat!