Gerobak Es Cendol dan Peluang Usahanya

Semua orang pasti sudah mengenai apa itu es cendol, semua tahu bahwa apabila dinikmati dalam suasana yang panas akan mendatangkan kesegaran dan kenikmatan tersendiri. Pedagang gerobak es cendol pun menjadi yang paling ditunggu tunggu karena akan menyajikan hidangan yang lezat khas Jawa Barat. Es cendol kemudian berkembang menjadi minuman Indonesia yang disukai oleh banyak orang. Dari sekian banyak penikmat, ada juga yang memanfaatkan momen dengan cara memulai usaha es cendol dengan menggunakan gerobak untuk sebuah mobilitas yang lebih tinggi dengan raupan keuntungan yang lebih banyak.

Usaha Gerobak Es Cendol yang Laris Manis

gerobak es cendolUsaha gerobak es cendol di daerah Banjarnegara dan Purbalingga disebut juga sebagai gerobak es dawet dengan rasa yang mengenyangkan sekaligus menyegarkan. ada banyak bahan yang bisa ditambahkan untuk menjadikan cita rasa dari es cendol semakin mantap. Kandungan dari es cendol ini pun ternyata tidak semena mena. Apa saja kira kira? Karena terbuat dari tepung maka ada kandungan karbohidrat yang juga mengandung protein serta lemak yang asalnya dari bahan yang menjadi airnya atau santan kelapa. Kandungannya cukup komplit maka tak jarang yang kemudian merasa kenyang karena menyantap makanan yang satu ini.

Untuk usaha di bidang es cendol maka diperlukan beragam peralatan juga beragam persiapan yang harus ada. Misalnya saja dari segi bahan harus dipilih bahan bahan yang berkualitas tinggi untuk menjamin bahwa es cendol yang dihasilkan adalah es cendol yang enak juga untuk santan yang dibuat adalah santan yang asli, ketika tidak habis maka tidak digunakan lagi karena kualitasnya di kemudian hari akan jauh lebih berkurang dan terasa asam.

Cara Membuat Es Cendol untuk Usaha Gerobak Es Cendol

Sebelum memulai bisnis usaha gerobak es cendol, maka terlebih dahulu harus diketahui mengenai bagaimana cara untuk membuat es cendol itu sendiri. Caranya memang gampang gampang susah, dan tidak sedikit juga yang kemudian gagal dalam membuat es cendol. Bahan yang diperlukan antara lain tepung beras, tepung sagu, air daun pandan, air dan juga garam. Sedangkan untuk bahan yang menjadi pemanis atau pelengkap adalah gula jawa yang direbus atau dalam bentuk cair, lalu santan yang terbuat dari kelapa asli yang diperas menggunakan air yang matang. Setelah semua bahan sudah ada dan tersedia maka selanjutnya membuat es cendol.

Semua bahan dicampur lalu dididihkan dengan air menggunakan garam dan daun pandang. Setelah itu baru disaring menggunakan saringan cendol, lalu siap dihidangkan. Dalam bisnis usaha gerobak es cendol, plating atau pengemasan menjadi hal yang penting, maka dari itu ketika es cendol sudah jadi lalu bahan lainnya sudah siap maka bisa dikemas dalam kemasan yang cantik juga bersih sehingga orang orang tertarik untuk membeli es cendol.